Tanpa kamu sadari, bisa jadi  kamu sering melakukan beberapa kebiasaan yang kamu pikir adalah cara memulai hari yang baik, padahal keliru total, malah mengganggu produktivitas. Adakah kebiasaan kamu yang demikian? Simak daftar berikut ini:

1. Minum Kopi

Berdasarkan sebuah penelitian di Geisel School of Medicine di Dartmouth, memulai hari dengan minum kopi adalah ide yang buruk, karena kafein akan bereaksi dengan hormon kortisol yang memang tinggi di pagi hari, hingga memicu naiknya level stres kamu.

Minumlah kopi di atas jam 10 pagi hingga break makan siang, atau antara jam 2 siang hingga jam 5 sore, ketika hormon kortisol kamu lagi rendah-rendahnya.

2. Memikirkan Terlalu Banyak Hal

Memulai hari dengan terlalu banyak informasi di kepala, seolah membuat kita mengontrol situasi, padahal sebenarnya tidak juga. Demikian menurut penjelasan David Allen, seorang pakar produktivitas.

Fokus saja dengan membuat list pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari ini, sehingga kamu terhindar dari kesulitan berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas yang memang harus diselesaikan.

3. Langsung Membuka Email

Adam Alter, seorang profesor dari New York University, mengatakan bahwa ketika kita memulai hari dengan memeriksa email, maka hari anda akan sulit menjadi produktif, mengapa demikian?

Mengecek email terkadang memakan waktu lama, dan bisa membutuhkan lebih dari 25 menit untuk masuk ke zona produktif dari saat kamu selesai mengecek email.

Hindari memeriksa email pada 30 menit pertama hari kamu, dan jauhkan smartphone atau browser yang memanggil-manggil kamu untuk memeriksa email.

4. Meeting

Penelitian menunjukkan, meeting adalah kegiatan yang paling sering menyita waktu kita. Agar kamu bisa tetap produktif, hindari mengatur meeting pada pagi hari. Hanya lakukan meeting di awal hari jika memang tak bisa dihindari.

5. Duduk

Sebuah penelitian di Harvard menunjukkan bahwa dengan memulai bekerja di pagi hari sambil berdiri, meningkatkan kontrol kamu pada situasi yang kamu hadapi.

Kamu bisa berjalan santai atau bekerja sambil berdiri menggunakan standing desk, pada 10 menit pertama hari kerja kamu.

6. Menghindari Cahaya Matahari

Sebuah jurnal penelitian menunjukkan, terekspose sinar matahari pagi bisa meningkatkan konsentrasi, metabolisme, dan menghadirkan mood yang baik. Usahakan menempatkan meja kerja kamu di dekat jendela yang terkena sinar matahari, dan jangan lupa buka tirainya.

7. Membuat Deadline Sendiri tanpa Orang Lain Tahu

Sebuah studi yang dilakukan oleh Association for Psychological Science menunjukkan, kita menjadi lebih produktif saat membagi deadline kita dengan orang lain.

Gunakan tool seperti any.do untuk berbagi deadline kamu dengan rekan kerja atau keluarga.

8. Browsing

Inilah faktor yang paling besar jasanya buat kamu membuang-buang waktu. Membuka browser untuk mengecek email, medsos, atau yang lainnya, bisa mendistraksi kamu berjam-jam dengan puluhan tab yang terbuka, dan kamu bisa berakhir menonton video di Youtube lagi, dan lagi, dan lagi. Atau terlibat adu komen gak penting di status Facebook, atau twitwar.

Blok browser kamu saat memulai hari, atau hari kamu akan dicuri oleh browser.

9. Multitasking

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan, bekerja secara multitasking memberikan dampak negatif yang signifikan. Pekerja multitasking memiliki performa yang jauh lebih buruk dibanding mereka yang bekerja secara sekuensial.

Gunakan teknik pomodoro untuk membagi waktu anda selama sehari, umumnya dengan 45 menit blok waktu untuk fokus menyelesaikan satu tugas, dan break 15 menit untuk relaksasi, atau mengerjakan pekerjaan lainnya.

Perlu diingat, bekerja lebih dari satu jam tanpa break sama sekali, menurut sebuah penelitian, membuat anda kelelahan secara psikis dan membuat anda malah menjadi tidak produktif.

10. Mengecek Messenger dan Medsos

Wah, memulai hari dengan membuka messenger dan akun medsos di smartphone, adalah cara terbaik memulai hari yang tidak produktif.

Hindari membuka smartphone untuk mengecek agenda, yang bisa menjerumuskan kamu membuka messenger dan medsos. Biasakan menyusun agenda dan mengingatnya dengan baik pada saat menjelang tidur, sehingga kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan saat bangun tidur dan memulai hari.

Bagaimana, ada kebiasaan kamu dalam 10 daftar di atas?

sumber: https://www.entrepreneur.com/article/320955

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here