Bisnis

14 Tips Sukses Memulai Bisnis

Sadari bahwa tidak semua orang cocok menjadi pebisnis, gunakan waktu yang cukup untuk mengevaluasi apakah anda salah satunya. Pastikan kondisi...

· 1 min read >
14 tips sukses memulai bisnis
  1. Sadari bahwa tidak semua orang cocok menjadi pebisnis, gunakan waktu yang cukup untuk mengevaluasi apakah anda salah satunya.
  2. Pastikan kondisi keuangan anda dalam kontrol. Semakin terkontrol kondisi keuangan, semakin mudah anda memulai dan tumbuh.
  3. Fokus pada segmen yang tepat. Inventarisir skill, passion, dan pengalaman karir anda untuk menentukan bidang bisnis yang akan digeluti.
  4. Buat Business Plan. Business plan yang baik, selain mengarahkan kita dalam meraih deviden, ia bertugas menjawab pertanyaan mendasar sebelum meteran berjalan hingga anda menjadi efektif dan efisien.
  5. Jangan mengejar pinjaman bank atau investor di awal. Optimalkan dana pribadi, aset yang bisa dijual, atau pinjaman dari keluarga dan teman dekat.
  6. Kenali kompetensi diri. Di bulan atau tahun awal bisnis, anda dipastikan harus menguasai beberapa skill. Kuasai skill yang mendukung penuh rencana bisnis, tetapi jangan lupa pertimbangkan kemungkinan outsourcing atau mencari pegawai untuk tugas-tugas yang dapat didelegasikan.
  7. Ingat baik-baik: tidak ada yang terjadi hingga anda berhasil membukukan penjualan. Sekeren apa pun produk dan jasa anda, hanya berarti  jika terjadi penjualan. Pastikan anda memiliki perencanaan marketing yang menggambarkan produk, package, promosi, distribusi, harga, dan penjualan produk anda.
  8. Beri pelanggan anda perhatian. Sesibuk apa pun, alokasikan setidaknya 25 persen dari waktu anda untuk pelanggan. Tidak ada keputusan bisnis yang tepat tanpa memahami sudut pandang pelanggan.
  9. Beri solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan. Ini adalah cara terbaik memuaskan konsumen. Bukan dengan menjual produk atau jasa, melainkan memberikan solusi bagi masalah yang mereka hadapi.
  10. Kejar profit dahulu baru reward kemudian. Hindari melakukan hal ini di awal: gaji besar, konsultan yang mahal, biaya sewa kantor yang belum perlu, pernak-pernik gimmick yang hanya menghabiskan uang. Dalam fase awal, profit harus menjadi prioritas. Untuk memahami profit, ukur cash flow dan pelajari rasio keuangan.
  11. Jangan jalan sendirian. Cari mitra sesama pemula, mentor, ikut asosiasi, yang dapat membantu anda menghemat stamina dan sumber daya.
  12. Pahami pajak. Kenali dan tangani pajak dengan benar sejak awal.
  13. Cepat, bagus, atau murah – pilih dua di antara tiga. Masalah besar akan muncul jika anda ingin memberikan ketiganya. Fokus pada apa yang menjadi kekuatan anda.
  14. Jangan pernah berhenti belajar. Sejalan dengan pertumbuhan bisnis, anda pun harus tumbuh untuk mengimbangi perubahan yang terjadi. Pembelajar adalah salah satu denominator pada semua pebisnis sukses.
Written by Karinov
Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *