Beberapa penelitian menunjukkan, cahaya warna biru yang memancar dari layar gadget bisa merusak penglihatan, bahkan mempercepat proses kebutaan.

Riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of Toledo, USA ini mengungkapkan bahwa terpapar cahaya biru memicu hadirnya molekul berbahaya pada sel-sel mata yang sensitif terhadap cahaya yang memicu degenerasi makular, kondisi kerusakan pada bagian tengah mata yang tak dapat disembuhkan.

Cahaya biru memiliki panjang gelombang lebih pendek dan energi lebih besar dibanding warna lain, dalam jangka panjang bisa merusak mata.

Cahaya warna biru memang bisa merusak retina mata. Eksperimen yang dilakukan di Toledo menunjukkan adanya kerusakan reseptor, sel-sel yang peka terhadapa cahaya pada bagian retina.

Degenerasi makular adalah penyebab kebutaan paling banyak. Meskipun tidak menyebabkan kebutaan total, namun penderitanya akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari dan menjadi tidak produktif.

Untuk menghindari efek berbahaya ini, para peneliti menyarankan menggunakan kacamata hitam yang bisa menyaring sinar ultraviolet di luar ruangan, dan hindari menggunakan ponsel atau komputer di ruangan yang gelap.

Risiko lebih tinggi pada anak

Anak kecil juga memiliki sensitivitas yang lebih besar dari orang dewasa, oleh karena itu penggunaan gadget pada usia mereka bisa memicu kebutaan lebih besar lagi. Pikir ulang kembali jika ingn memberikan anak-anak akses menggunakan gadget, dan pastikan pemakaian mereka terkontrol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here